YURISTGAMEINIGAMEID101

Model Atom Bohr: Ringkasan Teori, Struktur, Bentuk, Kelebihan dan Kekurangan (Lengkap)

Model Atom Bohr: Ringkasan Teori, Struktur, Bentuk, Kelebihan dan Kekurangan (Lengkap)
   Model Atom Niels Bohr, Atom merupakan unit terkecil baik itu berupa benda cair, padat, dan gas. Atom yang ada menjadi bahan dasar pembentuk materi-materi yang ada sampai kepada bentuk yang dapat kita rasakan. Seperti udara, tanah, kayu dan bentuk-bentuk materi yang kasat mata misalnya gas, angin.

   Dalam pembagiannya striktur atom terdiri atas 3 inti materi yang memiliki fungsi dan tungasnya tersendiri. Yaitu proton, elektron, dan neutron. Proton dan Neutron berada dalam inti atom. Sedangkan, elektron berputar mengelilingi inti atom berupa proton dan neutron.

   Istilah penyebutan atom awalnya berasal dari Bahasa Yunani, dimana atom merupakan tidak dapat dipecah atau dipotong serta tidak mungkin untuk dibagi lagi. Sehingga, konsep tidak dapat terbagi lagi ini dikemukakan oleh para filsuf dari Yunani dan India.

   Dalam perkembangan science dalam masanya, terdapat banyak peneliti dan ilmuan. Dimana mereka mengemukakan hasil pemikiran dan penemuan yang diketahui oleh hasil riset dan percobaan yang dibuatnya. Sehingga, dalam penelitian terkait dengan struktur atom dan inti atom banyak dikemukakan oleh para peneliti.

   Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu teori model atom keempat, yaitu model atom bohr. Ditahun 1913, seorang pakar fisikawan asal Denmark dengan nama Niels Bohr menyatakan bahwasanya teori atom dari Rutherford dapat untuk disempurnakan kembali menjadi teori atom yang lebih baik. Berikut penjelasan lebih lanjutnya,

Model Atom Niels Bohr
   Tahun 1913 fisikawan Denmark, Niels Henrik David Bohr, mengemukakan teori tentang atom yang bertitik tolak dari model atom nuklir Rutherford dan teori kuantum Planck.

    Model atom Bohr berdasarkan teorinya adalah sebagai berikut:
a. Elektron yang berada di lintasannya tersendiri mengelilingi inti atom  dengan setiap elektron berada pada lintasanya tersendiri. Dalam hal ini Niels Bohr memisalkan dengan istilah lintasan K, L, M, … dan lintasan seterusnya.
b. Setiap elektron yang berotasi pada lintasanya dan bersifat stasioner. Maka, energi elektron terhadapt inti atom dalam struktur atom akan bersifat tetap. Artinya, tidak akan ada energi yang diserap ataupun diemisikan satu sama lain.
c. Setiap muatan elektron dalam setiap lintasan dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan lain dengan setiap lintasan akan membutuhkan energi yang berbeda. Dari energi yang dibutuhkan oleh setiap elektron disetiap lintasan kulit tersebut akan membuat elektron mampu berpindah dari satu orbit ke orbit lainnya. Dimana, besarnya energi yang diperlukan untuk berpindah dapat dihitung dengan persamaan Planck.
d. Setiap Orbit stasioner muatan elektron yang mengelilingi inti atom momentum sudut. Dimana, besarnya jumlah sudut merupakan kelipatan dari  nh/2π. Dimana, setiap n merupakan bilangan kulangan kuantum dan h merupakan tetapan Planck. Setiap kulit atom yang dilambangkan dengan n = 1, n = 2, n = 3. dan seterusnya.

Kelebihan
  • Menjawab kelemahan dalam model atom Rutherford dengan mengaplikasikan teori kuantum.
  • Menerangkan dengan jelas garis spektrum pancaran (emisi) atau serapan (absorpsi) dari atom hidrogen.
Kelemahan
  • Terjadi penyimpangan untuk atom yang lebih besar dari hidrogen.
  • Tidak dapat menerangkan efek Zaeman, yaitu spektrum atom yang lebih rumit apabila atom ditempatkan pada medan magnet.
   Kurang lebih seperti itulah informasi mengenai model atom bohr. Untuk kesimpulannya adalah model atom bohr ini dapat mengemukakan bahwa elektron yang bermuatan negatif berputar mengengelilingi inti atom yang bermuatan atom positif pada jalur lintasanya tersendiri. Dan setiap lintasan elektron yang memiliki orbitnya tersendiri memiliki kekuatannya elektronnya tersendiri .

   Demikianlah artikel ini, semoga informasi yang ada di dalamnya dapat bermanfaat bagi kalian. Sekian dari Harmoni-Kimia, Terimakasih telah berkunjung ^.^

Tags :
Jelaskan model atom niels niels bohr : struktur bentuk atom niels bohr
Gambaran model atom niels bohr : struktur bentuk atom niels bohr
Ringkasan materi model atom niels bohr : struktur bentuk atom niels bohr
Bagaimana model atom niels bohr : struktur bentuk atom niels bohr
Model atom niels bohr, Struktur atom niels bohr, Bentuk atom niels bohr
Menjelaskan model atom niels bohr, struktur atom niels bohr, bentuk atom niels bohr

About Author

Related Post

Comedy Movies