YURISTGAMEINIGAMEID101

Model Atom Rutherford: Ringkasan Teori, Struktur, Bentuk, Kelebihan dan Kekurangan (Lengkap)

Model Atom Rutherford: Ringkasan Teori, Struktur, Bentuk, Kelebihan dan Kekurangan (Lengkap)
   Model Atom Rutherford, Atom merupakan unit terkecil baik itu berupa benda cair, padat, dan gas. Atom yang ada menjadi bahan dasar pembentuk materi-materi yang ada sampai kepada bentuk yang dapat kita rasakan. Seperti udara, tanah, kayu dan bentuk-bentuk materi yang kasat mata misalnya gas, angin.

   Dalam pembagiannya striktur atom terdiri atas 3 inti materi yang memiliki fungsi dan tungasnya tersendiri. Yaitu proton, elektron, dan neutron. Proton dan Neutron berada dalam inti atom. Sedangkan, elektron berputar mengelilingi inti atom berupa proton dan neutron.

   Istilah penyebutan atom awalnya berasal dari Bahasa Yunani, dimana atom merupakan tidak dapat dipecah atau dipotong serta tidak mungkin untuk dibagi lagi. Sehingga, konsep tidak dapat terbagi lagi ini dikemukakan oleh para filsuf dari Yunani dan India.

   Dalam perkembangan science dalam masanya, terdapat banyak peneliti dan ilmuan. Dimana mereka mengemukakan hasil pemikiran dan penemuan yang diketahui oleh hasil riset dan percobaan yang dibuatnya. Sehingga, dalam penelitian terkait dengan struktur atom dan inti atom banyak dikemukakan oleh para peneliti.

   Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu teori model atom ketiga, yaitu model atom rutherford. Memasuki tahun 1903 seorang peneliti dengan percobaan yang dilakukannya menyatakan bahwa teori atom yang dipaparkan oleh J.J Thomson belum tepat. Mendengar hal tersebut mendorong Ernest Rutherford (1911) untuk melakukan percobaan untuk mencari struktur atom yang benar. Berikut adalah paparan materinya,
Model Atom Rutherford
   Tahun 1911, Fisikawan Inggris Ernest Rutherford dan 2 temannya Geiger dan Marsden melakukan eksperimen “penghamburan partikel alfa oleh selaput tipis emas (0,0004 mm)” Saat melakukan tembakan sinar ke lempengan tersebut. Rutherford menemukan bahwa sinar alfa yang ditembakkan menghasilkan sinar yang dibelokkan, dipantulkan, dan diteruskan.

   Dari fenomena percobaan tersebut Rutherford mengusulkan model atom yang dikenal dengan model atom nuklir Rutherford, yaitu sebagai berikut:
a.  Sebagian besar ruangan dalam atom merupakan ruangan kosong.
b.   Atom terdiri atas inti atom bermuatan positif dan hampir seluruh massa atom terpusat pada inti.
c.  Elektron beredar mengelilingi inti.
d.  Jumlah muatan inti sama dengan jumlah muatan elektron sehingga atom bersifat netral.

Kelebihan Model Atom Rutherford
  • Mudah dipahami untuk menjelaskan struktur atom yang rumit
  • Dapat menjelaskan bentuk lintasan elektron yang mengelilingi inti atom
  • Dapat menggambarkan gerak elektron disekitar inti
Kelemahan Model Atom Rutherford
  • Menurut hukum fisika klasik, elektron yang bergerak mengelilingi inti memancarkan energi dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Akibatnya, lama-kelamaan elektron itu akan kehabisan energi dan akhirnya menempel pada inti.
  • Model atom rutherford ini belum mampu menjelaskan dimana letak elektron dan cara rotasinya terhadap inti atom.
  • Elektron memancarkan energi ketika bergerak, sehingga energi atom menjadi tidak stabil.
  • Tidak dapat menjelaskan spektrum garis pada atom hidrogen (H).
   Kurang lebih seperti itulah informasi mengenai model atom rutherford. Untuk kesimpulannya adalah model atom rutherford merupakan model atom yang berhasil menjelaskan terkait adanya elektron negatif yang beredar mengelilingi inti atom yang terletak diruang hampa. Demikianlah artikel ini, semoga informasi yang ada di dalamnya dapat bermanfaat bagi kalian. Sekian dari Harmoni-Kimia, Terimakasih telah berkunjung ^.^

Tags :
Jelaskan model atom rutherford : struktur bentuk atom rutherford
Gambaran model atom rutherford : struktur bentuk atom rutherford
Ringkasan materi model atom rutherford : struktur bentuk atom rutherford
Bagaimana model atom rutherford : struktur bentuk atom rutherford
Model atom rutherford, Struktur atom rutherford, Bentuk atom rutherford
Menjelaskan model atom rutherford, struktur atom rutherford, bentuk atom rutherford

About Author

Related Post

Comedy Movies