YURISTGAMEINIGAMEID101

Model Atom Mekanika Kuantum: Ringkasan Teori, Struktur, Bentuk, Kelebihan dan Kekurangan (Lengkap)

Model Atom Mekanika Kuantum: Ringkasan Teori, Struktur, Bentuk, Kelebihan dan Kekurangan (Lengkap)
   Model Atom Mekanika Kuantum (Model Atom Modern), Atom merupakan unit terkecil baik itu berupa benda cair, padat, dan gas. Atom yang ada menjadi bahan dasar pembentuk materi-materi yang ada sampai kepada bentuk yang dapat kita rasakan. Seperti udara, tanah, kayu dan bentuk-bentuk materi yang kasat mata misalnya gas, angin.

   Dalam pembagiannya striktur atom terdiri atas 3 inti materi yang memiliki fungsi dan tungasnya tersendiri. Yaitu proton, elektron, dan neutron. Proton dan Neutron berada dalam inti atom. Sedangkan, elektron berputar mengelilingi inti atom berupa proton dan neutron.

   Istilah penyebutan atom awalnya berasal dari Bahasa Yunani, dimana atom merupakan tidak dapat dipecah atau dipotong serta tidak mungkin untuk dibagi lagi. Sehingga, konsep tidak dapat terbagi lagi ini dikemukakan oleh para filsuf dari Yunani dan India.

   Dalam perkembangan science dalam masanya, terdapat banyak peneliti dan ilmuan. Dimana mereka mengemukakan hasil pemikiran dan penemuan yang diketahui oleh hasil riset dan percobaan yang dibuatnya. Sehingga, dalam penelitian terkait dengan struktur atom dan inti atom banyak dikemukakan oleh para peneliti.

   Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu teori model atom terakhir, yaitu model atom mekanika kuantum. Model atom mekanika kuantum dikemukakan oleh Erwin Schrodinger. Model ini dapat digunakan untuk menjelaskan atom hidrogen dan atom yang lain. Berikut penjelasan lebih detailnya.

Model Atom Mekanika Kuantum 
   Menurut teori mekanika kuantum, elektron dalam mengelilingi inti terletak pada tingkat-tingkat tertentu. Akan tetapi, keberadaan elektron tidak dapat dipastikan kedudukannya secara tepat. Adapun yang dapat dipastikan hanyalah kebolehjadian menemukan elektron. Daerah atau ruang kebolehjadian menemukan elektron disebut orbital.
(Gambar)

   Asumsi yang mendasari teori atom mekanika kuantum adalah sebagai berikut.
a. Elektron dalam mengelilingi inti bergerak seperti gelombang. Sehigga ada yang menyebut model atom ini Mekanika Gelombang.
b. Karena gerak gelombang dari elektron ini, maka kedudukan elektron di sekeliling inti menjadi tak tertentu (Prinsip ketidakpastian Heisenberg)
c. Suatu daerah di sekitar inti dimana kebolehjadian menemukan elektron besar disebut orbital elektron, orbital elektron dapat diketahui dengan menyelesaikan persamaan gelombang Schrodinger. Penyelesaian persamaan gelombang Schrodinger akan menghasilkan bilangan kuantum.

Kelebihan model atom mekanika kuantum (modern):
  • Dapat menjelaskan posisi kebolehjadian ditemukannya elektron.
  • Dapat menjelaskan posisi elektron saat mengorbit.
  • Dapat mengukur perpindahan energi eksitasi dan emisinya.
  • Mengidentifikasi proton dan neutron pada inti sedangkan elektron pada orbitalnya.
Kekurangan model atom mekanika kuantum (modern):
  • Rumusan persamaan gelombang hanya dapat diterapkan secara eksak untuk partikel dalam kotak dan atom dengan elektron tunggal.
  • Model atom mekanika kuantum sulit diterapkan untuk sistem makroskopis (skala lebih besar) dengan kumpulan atom misalnya pada tumbuhan, hewan dan manusia.
   Kurang lebih seperti itulah informasi mengenai model atom mekanika kuantum (modern). Mungkin masih banyak kekurangan dalam artikel ini, jika memungkinkan mohon kesudiannya dalam membantu admin merevisi informasi diatas lewat kolom komentar. Semoga informasi yang ada di dalamnya dapat bermanfaat bagi kalian. Sekian dari Harmoni-Kimia, Terimakasih telah berkunjung ^.^

Tags :
Jelaskan model atom mekanika kuantum : struktur bentuk atom modern
Gambaran model atom mekanika kuantum : struktur bentuk atom modern
Ringkasan materi model atom mekanika kuantum : struktur bentuk atom modern
Bagaimana model atom mekanika kuantum : struktur bentuk atom modern
Model atom mekanika kuantum, Struktur atom modern, Bentuk atom modern
Menjelaskan model atom mekanika kuantum, struktur atom modern, bentuk atom modern

About Author

Related Post

Comedy Movies